Sambil Menanak Nasi, Air Tajin Didapat


Sebagai manusia, pasti punya alergi seperti debu, seafood, suhu dingin, lemak dalam susu, dan lain-lain.  Seperti kata pepatah "Banyak Jalan Menuju Roma"  maka banyak pula cara-cara ampuh dalam menghadapi hal tersebut. Salah satu caranya dengan menggunakan 'Air Tajin'. Banyak orang mengartikan air tajin adalah air bekas pencuci beras atau air dari menanak nasi. Dalam kitab ilmu tradisional, ada banyak manfaat dari air beras ini, berikut adalah khasiat  dari air tajin dan cara membuatnya.



  1. Pelembab Kulit

    Bahan : 
    1 gelas air tajin
    2 sendok teh madu
    1 sendok makan kulit padi
    1 sendok makan minyak sayur

    Cara : 
    Campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam blender. Tunggu sampai semua bahan menjadi lembut, kemudian larutkan ke dalam air mandi yang hangat. Air beras mempunyai kandungan zat gizi tinggi seperti kalsium, vitamin A, D, dan E. Sementara kulit padi berguna untuk melembutkan dan memperbaiki kulit yang kasar. Untuk hasil maksimal,tambahkan madu yang merupakan antiseptik alami mengandung pelembab yang berguna untuk kesehatan dan keindahan kulit. 

  2. Menggemukkan Badan

    Bahan :
    air tajin beras merah atau air tajin ketan

    Cara :
    Masaklah beras ketan atau beras merah secukupnya (setengah gelas cukup). Ambil air tajinnya ketika hampir masak ,minumlah air tajin dari beras merah atau dari beras ketan secara rutin 3 kali dalam seminggu.

  3. Diare

    Bahan :
    Segenggam beras merah

    Cara 1 :
    Buat seperti cara menggemukkan badan. Ambil airnya dan minum sampai diare mampet.

    Cara 2 : 
    Segenggam beras merah disangrai sampai kuning, lalu digiling halus. Seduh dengan air panas sambil diaduk merata, sampai menjadi kuah kental. Ramuan yang disebut air tajin ini lalu ditambahkan sedikit garam. Setelah dingin siap untuk diminum. Lakukan 2 - 3 kali sehari. 

  4. Haid Berlebihan

    Bahan :
    3 - 7 potong akar meniran kering, 1 gelas air tajin.

    Cara :
    bahan ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, Kemudian ditambah dengan 1 gelas air tajin dan diaduk sampai rata. 

* Intinya, hasil dari cara-cara tersebut adalah disaring dan diminum 2 kali 
sehari. Pagi dan sore.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Sayangnya, blakangn ini beras bnyak yg kena insek/pestisida, Jadi krg aman buat bikin air tajin

      Hapus